Harga Ikan Guppy Desember 2019

Harga Ikan Guppy – Jenis ikan guppy, ikan guppy adalah hewan berukuran kecil yang banyak diminati kalangan penggemar ikan hias. Peminatnya yang masih tinggi setiap tahunnya membuat ikan ini banyak dipelihara dan dibudidayakan. Tentunya jenis dari corak dan warna pada ikan guppy sangat beragam. Sehingga ikan ini memiliki klasifikasi dari mulai jenis lokal, interlokal, murah sampai harganya yang mahal.

Ikan Guppy

Ikan Guppy
source : hargakatalog.id

Hewan mungil ini termasuk dalam komoditi ikan hias yang banyak digemari. Tidak hanya dari Indonesia saja, melainkan mancanegara. Ikan guppy dikenal dengan bentuknya yang kecil dan warna yang beragam. Dari keindahan dan variasi warna itulah yang menjadikan hewan ini masih bernilai ekonomis.

Ikan guppy ini termasuk dalam family poeciliidae dan mempunyai nama ilmiah poecilla reticulat. Berbeda dengan ikan discus, hewan guppy memiliki warna tubuh sangat beragam, mulai cokelat, hitam, kuning, hijau, merah, biru atau mix. 

Bentuk tubuhnya pun beragam ada yang kecil mungil, lonjong dan memanjang silindris. Bagian kepala yang membesar dan dari tengah mengecil ke ekor. Corak yang dimiliki pada sirip ekor dengan warna yang cerah menjadikan keindahan yang digemari banyak orang. Ikan guppy memilki sirip yang lengkap antara lain sirip ekor, dubur, punggung dan dada. 

Ikan hias ini pada awal mulanya hidup di perairan payau. Namun hewan unik ini lebih cenderung pada perairan yang tawar. Awal mulanya ikan guppy tersebar di Singapura karena dulu banyak sekali populasi nyamuk, maka ikan ini dijadikan sebagai indikator sekaligus pengontrol nyamuk tersebut.

Jenis

Perkembangannya terus pesat seiring dengan banyaknya para pembudidaya ikan ini. Sampai sekarang hewan air ini banyak di ternak untuk dijadikan bisnis. Dari segi makanan sendiri, ikan guppy menyukai plankton dan bahan organik. Maka dari itu ikan guppy termasuk kedalam golongan herbivor. Jika dalam pemeliharaan akuarium, ikan guppy bisa diberikan palet khusus. Pakan yang biasa di berikan dua kali dalam satu hari. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis ikan guppy:

  • Guppy Red Blonde
Guppy Red Blonde
source : pinterest

Ciri dari ikan jenis ini memiliki postur tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan yang lain. Ikan guppy jenis ini memiliki ekor yang berwarna merah yang membalut seluruh tubuhnya.

  • Guppy Grass Blue
Guppy Grass Blue
tokopedia/adijayaaquarium

Secara fisik jenis ikan yang satu ini memiliki titik berwarna hitam atau biru pada punggung dan sirip ekornya. Grass blue ini adalah perubahan dari jenis guppy mosaic.

  • Guppy Red Lace Snakeskin
Guppy Red Lace Snakeskin
source : lushaquatics.wordpress.com

Ciri yang terlihat pada ikan ini adalah memiliki sirip dan ekor yang sangat panjang.

  • Guppy Metalik
Guppy Metalik
source : www.alamikan.com

Ikan ini dinamakan ikan guppy metalik karena warna yang dimiliki berwarna abu metalik pada tubuh sang jantan. Dari sekian banyak tipe metalik, hanya guppy metalik cobra yang mudah untuk didapatkan. Ikan ini memiliki warna metalik pada bagian belakang dan dada.

  • Guppy Full Platinum
Guppy Full Platinum
source : infoikan.com

Warna yang elegan dimiliki oleh jenis ikan guppy ini hampir seluruh tubuhnya dipenuhi dengan warna yang platinum. 

  • Guppy Metal Red King Cobra Halfmoon
Guppy Metal Red King Cobra Halfmoon
source : cara.pro

Ciri dari ikan ini mempunyai ekor yang panjang dan hampir membentuk setengah bulan sampai kebagian tubuh. Warna tubuh seluruhnya ditutupi oleh merah metal. Maka dari itu dinamakan red king cobra halfmoon.

  • Guppy Cobra
Guppy Cobra
source : trop.co

Ikan guppy ini memiliki corak seperti ular cobra pada umumnya. Seluruh badannya berwarna kuning, putih dan hitam. Keunikan dari warna dan coraknya tersebut menjadikan ikan jenis ini memiliki peminat yang lumayan.

  • Guppy Metal Lace Thailand
Guppy Metal Lace Thailand
source : topikanguppy.com

Seperti namanya, ikan yang satu ini banyak tersebar di negara thailand. Corak dari ekor yang bergaris dan tubuhnya berwarna metal.

  • Guppy Full Black Thailand
Guppy Full Black Thailand
source : ikan.info

Jenis yang satu ini berasal ini berasal dari import. Tubuh yang dimiliki pada umumnya berwarna hitam. Sehingga terkesan mirip dengan guppy black moscow. Bedanya guppy black moscow berasal dari daerah moscow. Sedangkan yang satu ini berasal dari thailand.

  • Guppy Japan Blue
Guppy Japan Blue
source : aquariumgallery.com.au

Ikan yang satu ini adalah persilangan dari jenis guppy yang baru. Maka alhasil guppy Japan Blue ini muncul. Ciri dari ikan ini adalah memiliki pangkal ekor dan kepala yang berwarna biru. Seperti namanya, guppy ini berasal dari negara samurai yaitu jepang.

Fakta Unik

Ikan guppy memiliki nama latin Poecilia Reticulata merupakan ikan kecil yang berasal dari amerika tengah dan selatan. Mereka cukup populer karena kemudahannya berkembang biak ditempat yang kotor sekalipun. Guppy masuk ke Indonesia pada tahun 1920an dan banyak hidup di perairan umum. Semula mereka dilepaskan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, tapi tidak membuahkan hasil maksimal. Akhirnya guppy menjadi ikan liar yang sering ditemui di parit-parit persawahan dan selokan. 

Ikan guppy jantan dan betina mudah sekali dibedakan karena mereka hewan dimorfisme seksual. “ikan jantan berwarna lebih cerah, variatif dan tajam”. Panjang ikan betina mencapai 5 hingga 6 cm, sedangkan ikan jantan hanya 2 hingga 4 cm saja. Ikan guppy tumbuh menjadi ikan hibrida atau ikan yang saling silangkan untuk menghasilkan warna baru, sedangkan guppy liar lebih sederhana. Guppy liar jantan ditandai bintik seperti mata di bawah punggung dan di dekat sirip dubur. Sedangkan guppy betina bertubuh tambun dengan warna kuning kecoklatan dan susunan sisik seperti jala.

Dan ikan ini memiliki kulit yang sangat tipis dan bisa tembus pandang, maka pada saat ikan guppy betina mengandung anaknya, kamu bisa melihat mata bayi  ikan guppy di perutnya. Dalam sekali melahirkan, rata-rata induk ikan guppy melahirkan 100 anak. Walaupun begitu, ada juga yang melahirkan hingga 200 anak. Bayangkan saja, di usia 3 bulan, ikan guppy sudah bisa berkembang biak dengan cepat dan mudah. Sehingga ikan guppy ini sering disebut sebagai millionfish

Sebagian ikan guppy hanya bisa hidup antara 1 sampai 2 tahun. Namun, ada juga yang bisa bertahan hidup hingga 5 tahun. Tentu saja dengan suatu catatan, yaitu tidak ada hewan predator di sekitarnya.

Dan siapa sangka, di balik bentuknya yang manis dan lucu, ternyata induk ikan guppy dapat menjadi ancaman bagi anak-anaknya sendiri. Biasanya untuk mencegah kepadatan habitat, secara alamiah induk ikan guppy akan memangsa anak-anaknya.

Harga Ikan Guppy

Jenis ikan guppy Harga
Ikan guppy cobra sirip lebar size M Rp 10.000
Ikan guppy big ear (platinum red mozaic) Rp 100.000
Ikan guppy singapore size M Rp 15.000
Ikan guppy albino red lace Rp 15.000
Ikan guppy albino koi Rp 250.000
ikan guppy grass blue Rp 120.000

Harga di atas bisa berubah kapan saja, tulis di kolom komentar jika menemui perbedaan harga.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Leave a Comment