Harga Burung Nuri Pelangi dan Tips Merawatnya

Harga Burung Nuri Pelangi – Burung Nuri Pelangi adalah salah satu jenis dari burung nuri. Burung ini masuk dalam jenis burung paruh bengkok dan sudah sangat terkenal di Indonesia; ia juga satu keluarga dengan nuri bayan, dan nuri kepala hitam. Diberi nama nuri pelangi karena bulunya yang indah berwarna-warni seperti pelangi.

Nama lain dari burung nuri pelangi ada dua yaitu, Kasturi Pelangi dan Perkici Pelangi/Rainbow Lorikeets. Burung ini juga memiliki nama ilmiah yakni Trichglossus Haematodus. Hal menarik dari burung nuri pelangi adalah meski masuk dalam jenis burung paruh bengkok, tetapi suara burung sangat kencang dan berisik, mirip dengan suara jeritan. Namun, burung nuri pelangi ini masih tetap banyak yang meminati. Sebagian besar hanya sebagai burung penghias rumah/taman. Harga Burung Nuri Pelangi saat ini masih termasuk murah jika dibanding dengan burung lainnya.

Harga Burung Nuri Pelangi
Burung Nuri Pelangi

Ciri-Ciri Burung Nuri Pelangi

  • Burung Nuri Pelangi memiliki tubuh sepanjang 25-30cm.
  • Rentang sayapnya kurang lebih 17cm.
  • Kepala berwarna biru, sangat kontras dengan paruh yang berwarna merah jingga.
  • Bulu di bagian leher juga berwarna merah jingga.
  • Sayap berwarna hijau.

Perbedaan Burung Nuri Pelangi Jantan dan Betina

  • Burung berjenis kelamin jantan memiliki dada lebih besar dan tebal.
  • Burung berjenis kelamin betina memiliki bulu dada berwarna cenderung pudar, kekuningan dan cerah; tetapi untuk jantan berwarna orange hingga jingga gelap.
  • Ketika makan, burung jantan sering membusungkan dada dan melompati teman-temannya guna mengambil makanan.
  • Kepala burung jantan memiliki bentuk sedikit persegi, sedangkan kepala betina hampir bulat.

Burung ini sangat setia dengan pasangannya. Mereka tidak akan berpisah, kecuali pasangannya mati atau dijual.

Burung ini sering kali terlihat berpasangan, termasuk saat terbang. Mereka juga senang bergerombol, biasanya sampai 20 ekor burung dalam satu rombongan. Di Indonesia, burung nuri pelangi tersebar di Pulau Nusa Tenggara, Sulawesi, dan sekitar Papua. Namun, sering juga dijumpai di Bali dan Jawa. Mereka sangat gemar tinggal di daerah seperti hutan hujan dan kawasan terbuka.

Makanan Burung Nuri Pelangi

Sama seperti mayoritas burung berjenis paruh bengkok lain, burung nuri pelangi juga memakan buah-buahan dan biji-bijian. Mereka umumnya memakan buah apel, jeruk, dan buah pepaya. Biji-bijian yang mereka sukai adalah biji bunga matahari dan biji millet merah.

Tips Merawat Burung Nuri Pelangi

Saat memiliki burung ini kamu tidak boleh membedakan pakannya. Semua harus sama, baik untuk burung nuri pelangi dewasa atau anakan. Pembeda hanyalah dari cara memberi makan, untuk burung nuri pelangi anakan beri makanan olahan dari burung lovebird atau potongan tulang sotong juga sama saja. Jangan untuk menghaluskan makanan tersebut terlebih dahulu, letakkan di sendok kemudian suapkan ke burung anakan.

Jangan lupa untuk rutin memberikan vitamin kepada anakan burung nuri pelangi. Vitamin tersebut berupa cairan yang cara penggunannya diteteskan ke dalam air minum burung atau juga bisa langsung diteteskan ke dalam mulut si burung. Jika anakan sudah berumur 4 minggu, kamu bisa langsung memberikan makanan berupa buah-buahan/biji-bijian dan tanpa disuapi.

Harga Burung Nuri Pelangi

  • Anakan Rp 500.000 – Rp 600.000/ekor
  • Dewasa Rp 600.000 – Rp 2.000.000/ekor
  • Sepasang Rp 900.000 – Rp 1.300.000/pasang

Leave a Comment