Harga Burung kepodang Oktober 2021 & Jenis-Jenisnya

Harga Burung kepodang – Burung kepodang merupakan burung berkicau atau bahasa ilmiah biasa disebut Passeriformes, burung ini mempunyai bulu yang cantik dan juga terkenal sebagai burung pesolek yang selalu tampil menawan, rapi, dan bersih, termasuk dalam pembuatan sarang. Burung kepodang termasuk salah satu jenis burung yang sulit dibedakan antara jantan maupun betina, berdasarkan bentuk fisiknya. Burung ini menjadi jenis burung kurungan karena dibeli oleh masyarakat sebagai hiasan rumah, oleh karena itu burung kepodang masuk dalam komoditas perdagangan yang membuat populasinya semakin kecil. Harga burung kepodang bervariasi, info lengkapnya bisa kamu lihat di bawah.

Burung kepodang ini berasal dari daratan china dan penyebarannya di mulai dari india, asia tenggara, kepulauan filipina, dan juga termasuk Indonesia yang meliputi sumatera, jawa, bali, Kalimantan, sulawesi, dan nusa tenggara. Ekosistem burung ini berada di hutan – hutan terutama di daerah tropis dan sedikit di daerah subtropis dan biasanya hidup berpasangan. Pada pulau jawa dan bali burung kepodang sering disebut burung kepodang emas.

Ukuran burung kepodang rata – rata relatif sedang, panjang burung kepodang mulai dari ekor hingga paruh berkisaran 25 cm. Burung kepodang kebanyakan berwarna hitam dan kuning dengan strip hitam melewati mata hingga tengkuk, bulu terbang sebagian besar hitam. Tubuh bagian bawah berwarna keputih – putihan dengan burik hitam , liris merah, bentuk paruh burung meruncing dan sedikit melengkung ke bawah, ukuran panjang paruh kurang lebih 3 cm, dan memiliki kaki berwarna hitam. Burung kepodang kebanyakan menghuni hutan mangrove, hutan pantai, di tempat – tempat tersebut dapat dijumpai dengan kepakan sayapnya yang kuat, perlahan – lahan mencolok dan terbang menggelombang.

Untuk membedakan antara burung kepodang jantan dan kepodang betina bisa kita bedakan melalui postur tubuh, topeng yang berada di area sekitar mata hingga tengkuk, kepala jantan lebih besar daripada betina, pangkal ekor berwarna kuning yang dimiliki pejantan dan jika berwarna kusam maka itu kepodang betina, suara yang dimiliki pejantan lebih lantang dan kepodang betina memiliki suara yang monoton (pelan dan jarang berkicau). 

harga burung kepodang
burung kepodang

Jenis burung kepodang 

Kepodang dada merah 

Burung kepodang dada merah mempunyai ukuran sedang sekitar 22 cm. Dan memiliki warna merah dan hitam. Kebanyakan burung kepodang jantan akan mempunyai warna hitam dengan warna merah di bagian dada dan bercak di sayap. Sedangkan burung kepodang betina akan berwarna hitam dengan dada dan perut burik serta berwarna coklat berangan.

Kepodang batu 

Kepodang batu merupakan burung kepodang saat trotol yang masih berusia kurang lebih 6 bulan. Burung ini memiliki ciri – ciri : 

  • Bulu berwarna kuning pucat dan ada beberapa yang putih 
  • Garis hitam pada area mata belum terlihat jelas 
  • Bunyi nya baru sebatas “pyek – pyek – pyek”
  • Di bagian dada ada bulu garis hitam 
  • Kelopak mata memiliki warna hitam total

Di Usia muda inilah saat terbaik untuk di master dengan suara isian.

Kepodang kapur 

Burung kepodang kapur ini termasuk burung yang saat berusia 6 bulan sampai 1,5 tahun atau setelah mabung pertamanya. Ciri – ciri fisik yang dimiliki yaitu : 

  • Bulu sudah beranjak ke warna kuning terang
  • Garis hitam kacamata sudah jelas terlihat 
  • Paruh berwarna hitam ke abu – abuan dengan seling warna pink, proses perubahan ke warna merah total 
  • Sudah mulai mengeluarkan aneka suara
  • Kelopak mata mulai terlihat ada lingkaran warna merah

Baca Juga : Harga Burung Celepuk Terbaru

Kepodang emas

Burung kepodang emas juga terkenal dengan sebutan kepodang pesolek. Paruh yang berwarna merah muda dengan bulu yang berwarna kuning dengan hiasan hitam tegas di atas kepalanya, sayap dan ekor. Ditambah lagi kelopak mata yang berwarna merah. Saat burung kepodang emas berisi inilah yang paling banyak dicari dan diminati para pecinta burung.

Perawatan burung kepodang sendiri sangat mudah cukup tempatkan burung kepodang di tempat yang sejuk dan tenang dan menjaga kebersihan kandang atau sangkar. Berikan pakan berupa buah – buahan yang rasanya manis dan segar, misalnya pepaya atau mangga. Berikan makanan buah secara rutin setiap hari. Makanan tambahan seperti jangkrik, ulat bambu, dan serangga lainnya bisa diberikan secukupnya. Porsi jangkrik biasanya 2 – 3 ekor pada pagi hari dan 1- 2 ekor pada sore hari. Sedangkan takaran ulat bambu cukup 1 ekor, yang diberikan 1 – 2 kali seminggu. Adapun ulat hongkong bisa diberikan sebagai selingan (untuk membuatnya jinak). 

Mandikanlah burung kepodang dengan rutin pada saat pagi hari antara jam 7 pagi. Burung kepodang ini bisa dimandikan menggunakan keramba menggunakan wadah yang berukuran besar atau dapat juga Anda semprot saja menggunakan spray.

Untuk kebersihan sangkar, usahakan setiap hari Anda bersihkan sangkar – nya, karena burung kepodang akan gampang stres serta malas untuk berkicau jika tempat tinggalnya kotor serta berbau yang tidak enak. 

Jemurlah burung kepodang tetapi jangan melebihi dari jam 9 pagi. Karena banyak yang meyakini jika sinar matahari terdapat unsur yang baik itu mulai jam 6 pagi sampai jam 9 pagi. Ketika jam 3 sore keluarkan burung kepodang lagi dari dalam ruangan. Anda bisa memandikannya lagi. Dengan perawatan yang baik dan benar burung kepodang akan berkicau dan sehat, maka dari itu lakukan perawatan secara rutin.

Harga burung kepodang 

Untuk masalah harga burung kepodang sendiri ada beberapa faktor yang menentukan – nya misalkan saja apakah burung kepodang tersebut tangkapan dari hutan atau dari peternakan. Dan yang paling banyak dicari oleh para pecinta burung adalah harga kepodang jenis dada merah.

Jiak di hutan biasanya ada perbedaan dibandingkan dengan hasil ternak, untuk rata – ratanya sendiri burung kepodang berusia muda sekitar 1 sampai 1,5 tahun biasa disebut burung kepodang kapur. Sementara itu untuk yang lebih dewasa sekitar usia 1,5 tahun keatas disebut burung kepodang emas dan tentu saja harganya sangat mahal.

Anda bisa membeli burung ini dengan harga Rp.100 ribu sampai Rp.200 ribu untuk yang masih memiliki usia muda, semntara itu jika Anda membeli burung kepodang dari hasil tangkapan hutan dengan usia masih dibawah 1 tahun maka harganya jauh lebih mahal yaitu kisaran Rp.500 ribu hingga Rp.1 jutaan. Sedangkan untuk burung kepodang yang telah dewasa atau biasa disebut dengan kepodang emas dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yaitu mulai Rp 1 jutaan hingga Rp 1,5 juta.

JENIS BURUNG HARGA
Burung Kepodang bakalan muda Rp 100.000 – Rp 250.000
Burung Kepodang hasil tangkapan Rp 500.000 – Rp 1.000.000
Burung Kepodang emas Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000
Burung Kepodang batu  Rp 200.000 – Rp 300.000
Burung Kepodang jawa  Rp 500.000

Demikian artikel mengenai burung kepodang, dari mulai harga sampai mengenal jenis – jenis burung kepodang. Harga diatas bisa saja berubah – ubah tergantung pasar burung di Indonesia . semoga dapat membantu dan memberikan pengetahuan untuk Anda. terimakasih

Leave a Comment