Harga Burung Cucak Ijo November 2020 dan Jenis-Jenisnya

Harga Burung Cucak Ijo – Bagi pecinta burung, tentu tidak asing lagi dengan burung Cucak Ijo. Burung Cucak Ijo merupakan jenis burung kicau yang identik memiliki warna hijau di sekujur tubuhnya. Oleh karena itu, tak heran jika burung endemik yang satu ini nampak sangat indah dan menarik. Harga burung cucak ijo termasuk ramah kantong.

Di alam bebas, burung Cucak Ijo memiliki kemampuan untuk berkicau dengan sangat merdu dan gacor. Selain hidup di alam bebas, seiring berjalannya waktu telah banyak para pecinta burung yang mulai membudidayakan burung Cucak Ijo. Mengingat burung Cucok Ijo termasuk burung kicau yang sangat mudah untuk dijinakkan. Bahkan burung ini juga sering dipertandingkan di arena perlombaan burung kicau yang terdapat di beberapa daerah.

Harga Burung Cucak Ijo
Burung Cucak Ijo

Jenis-Jenis Burung Cucak Ijo

Berikut ini Jenis-Jenis Burung Cucak Ijo yang Banyak Ditemukan di Indonesia :

Cucak Ijo Banyuwangi

Jenis burung Cucak Ijo yang banyak ditemukan di Jawa Timur ialah Cucak Ijo Banyuwangi. Ciri khas dari burung yang satu ini ialah warna hijau di seluruh tubuh yang nampak lebih tajam, bagian kepala yang relatif lebih besar, serta tubuh nampak sedikit melengkung. Dari segi suara, kicauan dari burung Cucak Ijo Banyuwangi ini terdengar lebih merdu.

Cucak Ijo Sumatera

Mencari burung Cucak Ijo yang berukuran lebih kecil dari Cucak Ijo Banyuwangi ? Cucak Ijo Sumatera adalah jawabannya. Cucak Ijo Sumatera merupakan jenis Cucak Ijo yang memiliki postur tubuh yang tergolong lebih kecil dari Cucak Ijo Kalimantan. Tampilan fisiknya sangat indah dengan adanya warna kuning di bagian kepala, serta warna biru yang mengkilap di bagian pipinya. Bentuk fisiknya ialah memiliki bentuk tubuh yang lebih proporsional dan tidak melengkung. Sementara untuk kicauannya sendiri nampak sangat bervariasi dan merdu.

Cucak Ijo Kalimantan

Jenis burung Cucak Ijo lainnya ialah Cucak Ijo Kalimantan. Cucok Ijo yang satu ini memiliki mental yang terbilang tangguh dan sangat baik. Terlebih lagi, suara dari Cucak Ijo Kalimantan terbilang tidak begitu bervariatif. Namun, bukan berarti burung tersebut tidak bisa berkembang, mengingat burung yang satu ini akan pandai berkicau dengan berbagai variasi dan keras jika dilatih dengan baik. Untuk bentuk fisiknya, Cucak Ijo Kalimantan memiliki bagian tubuh berwarna hijau agak kekuningan yang agak terang. Burung Cucak Ijo Kalimantan sendiri berhabitat di daerah Pulau Kalimantan.

Cucak Ijo Rante

Burung Cucak Ijo Rante atau yang sering dikenal dengan nama Cucak Rante merupakan salah satu jenis burung Cucak Ijo yang memiliki ukuran tubuh kecil, dimana sering kali dijumpai di daerah Sumatera. Burung yang satu ini biasanya identik berwarna hijau terang di sekujur tubuhnya, sementara di sekitar wajah dan dahi berwarna biru. Untuk sisi kanan dan kiri leher, Cucak Ijo Rante biasanya berwarna ungu dengan strip malar.

Cucak Ijo Mini

Sesuai namanya, Cucak Ijo Mini memiliki ukuran tubuh yang terbilang mini atau kecil. Ukuran tubuhnya bahkan lebih kecil dari Cucak Ijo Sumatera. Meskipun kecil, namun kicauan dari burung yang satu ini terbilang sangat bervariasi. Bahkan, banyak yang menyebut kicauan dari Cucak Ijo Mini lebih bervariasi dan berubah-ubah ketimbang jenis Cucak Ijo yang memiliki tubuh berukuran besar. Berbicara mengenai fisiknya, burung yang memiliki nama latin Chloropsis cyanopogon ini berwarna hijau polos di seluruh tubuhnya.

Harga Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo Banyuwangi : Sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta
Burung Cucak Ijo Sumatera : Sekitar Rp 600 ribuan hingga Rp 1 jutaan
Burung Cucak Ijo Kalimantan : Mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 3 jutaan
Burung Cucak Ijo Rante : Antara Rp 200 ribu hingga Rp 350 ribuan
Burung Cucak Ijo Mini : Harga termahal hanya mencapai Rp 550 ribuan
Burung Cucak Ijo Bakalan : Rata-rata Rp 500 ribuan

Leave a Comment