Harga Burung Beo dan Jenis-Jenisnya

Harga Burung Beo – Burung Beo merupakan salah satu jenis burung unik yang banyak dicari oleh para penggemar burung di Indonesia. Burung yang satu ini terbilang sangat umum jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat burung Beo memiliki kemampuan untuk menirukan suara manusia jika dilatih dengan baik. Selain itu, burung yang satu ini juga dibekali dengan ingatan yang sangat kuat. Dengan dua keunggulan tersebut, tak heran jika burung Beo sangat dicari dan populer di tanah air Indonesia. Harga burung beo saat ini berada di angka jutaan rupiah.

Berbicara mengenai jenis makanan yang dikonsumsi, burung Beo termasuk kelompok Omnivora (pemakan segala). Bagaimana tidak, selain mengonsumsi buah dan serangga, burung unik ini juga mengonsumsi nektar yang berasal dari bunga yang dihinggapinya. Buah yang dapat dikonsumsi pun hampir seluruh jenis buah, diantaranya pisang, pepaya, melon dan masih banyak lagi. Dengan demikian, memelihara burung Beo untuk dibudidayakan tentu bukanlah menjadi sesuatu yang sulit.

Harga Burung Beo
Burung Beo

Jenis-Jenis Burung Beo

Berikut jenis burung Beo yang banyak dicari oleh para penggemar burung :

Beo Nias atau Gracula Robusta

Burung Beo Nias atau Gracula Robusta merupakan jenis burung yang berasal dari Pulau Sumatera. Bentuk fisik dari burung yang satu ini sangat mudah dibedakan dengan jenis burung Beo lainnya. Pasalnya, burung Beo Gracula Robusta ini nampak lebih gagah dan berukuran lebih besar.

Tidak hanya itu, bagian kepala dari Beo yang satu ini cenderung memiliki bulu yang pendek, sementara sepanjang cuping telinganya nampak menyatu pada belakang kepala yang bentuknya bergelambir, hampir sama dengan cengger ayam yang sering dijumpai. Paruh dari burung ini berwarna kuning oranye dengan bentuk yang runcing dan besar. Untuk bagian tubuhnya tertutup bula hitam pekat dengan bulu warna putih di ujung sayapnya.

Burung Beo Jawa

Jenis burung Beo selanjutnya ialah Burung Beo Jawa. Burung yang satu ini berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera. Bentuk fisik dari Beo Nias dan Beo Jawa hampir tidak ada bedanya, namun ukuran burung Beo Jawa terbilang lebih kecil ketimbang burung Beo Nias. Selain itu, jawer atau jengger burung Beo Nias dan burung Beo Jawa juga sangat berbeda.

Burung Beo Medan

Burung Beo Medan juga banyak diminati oleh para penggemar burung. Sesuai namanya, burung Beo Medan biasanya dapat ditemukan di daerah Medan dan Pulau Kalimantan.

Burung Beo Sri Langka

Sesuai namanya, Burung Beo Sri Lanka berasal dari Sri Langka. Burung yang sering disebut Gracula Ptilogenys ini memiliki bulu warna coklat kehitaman di sekujur tubuhnya, dimana paruh dan sekitar matanya berwarna kuning terang. Berbicara mengenai kemampuannya, burung Beo Sri Langka ini sangat mampu menirukan suara manusia dengan sangat baik.

Burung Beo Anakan

Bagi para penggemar burung yang memiliki dana minimalis, burung Beo Anakan menjadi salah satu alternatif jika ingin memiliki burung Beo dengan harga yang lebih terjangkau. Namun sayangnya, perawatan dari burung yang satu ini cenderung harus lebih ekstra, mengingat usianya lebih masih cukup rentan jika dibandingkan dengan burung Beo yang telah dewasa.

Harga Burung Beo

  • Burung Beo Nias : Mulai dari Rp 1,5 jutaan
  • Burung Beo Papua : Mulai dari Rp 2,5 jutaan
  • Burung Beo Medan : Sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 1,75 jutaan
  • Burung Beo Kalimantan : Sekitar Rp 3 jutaan
  • Burung Beo Anakan : Mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 1,5 jutaan

Leave a Comment